Badrodin: SU Interpol Harus Optimalkan Kerja Sama Kepolisian Antar Negara

Nusa Dua, (07/11/2016) halodunia.net – Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti berharap sidang umum (SU) Interpol di Nusa Dua, Bali dapat dijadikan momentum peningkatan kerja sama kepolisian antar negara. SU Interpol harus juga dimanfaatkan membahas permasalahan kejahatan lintas negara dan solusinya.

“Kita memanfaatkan momentum ini untuk membahas kejahatan transnasional crime yang memang kita menghadapinya masalah terorisme, seperti masalah narkotika,” kata Badrodin.

Badrodin menyampaikan usai acara pembukaan Sidang Umum Interpol ke-85 di Bali Nusa Dua Convention Center, Senin (7/11/2016). “Ini sebetulnya kita harus bisa memanfaatkan momentum untuk bisa membantu memecahkan masalah-masalah strategis dalam hubungannya dalam negara,” sambungnya.

Badrodin mengatakan, kejahatan-kejahatan seperti narkotika, perdagangan manusia, terorisme dan lainnya perlu kerja sama dengan negara-negara lain.

Langkah-langkah strategis untuk mengatasi kejahatan-kejahatan itu akan dirumuskan dalam sidang umum Interpol ini. Rumusan hasil pertemuan akan menjadi satu acuan bagi negara anggota Interpol dalam menetapkan langkah kerja sama yang lebih baik.

“Momentum kerja sama yang lebih baik, langkah strategis dalam penanggulangan transnational organized crime,” ujarnya.

 Badrodin Haiti di sela Sidang Umum Interpol di Nusa Dua, Bali, Senin (7/11/2016)
Badrodin Haiti di sela Sidang Umum Interpol di Nusa Dua, Bali, Senin (7/11/2016)

Badrodin mengatakan, banyak hal dari Polri yang bisa dibagi dengan negara-negara lain dan juga sebaliknya. Seperti bagaimana Indonesia melakukan deradikalisasi, pendekatan, dan strategi penegakan hukum yang sudah diterapkan Polri.

“Demikian juga negara lain yang mungkin baru bagi kita, kita juga bisa mengadopsi dari negara lain, karena masalah taktis, teknis itu kan berkembang, dan kejahatan itu bekembang, sehingga taktis dan teknisnya juga harus berkembang,” ujarnya.

Selain itu, akan ada juga perjanjian-perjanjian bilateral antar Lembaga Kepolisian selama Sidang Umum Interpol ini digelar. Pertemuan itu biasanya akan membahas terkait persoalan yang ditangani kedua negara.

“Jadi kalau misalnya kita dengan Filipina ada masalah, kita bicarakan dengan kepala Kepolisian Filipina,” tutur Badrodin.

The post Badrodin: SU Interpol Harus Optimalkan Kerja Sama Kepolisian Antar Negara appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2fuQRx0
via IFTTT

0 comments: