Antisipasi Demo, Polres Banyuwangi Juga Siaga

Tribratanewsjatim.com: Meskipun di kawasan Banyuwangi tidak ada gerakan 4 November 2016 (aksi demo penistasn agama libatkan Ahok) untuk mendukung aksi di serupa di Jakarta, polisi tetap melakukan siaga penuh, Jumat (4/11/2016) pagi, ratusan personil menjalani apel siaga di halaman Mapolres Banyuwangi, Polda Jawa Timur untuk mengantisipasi aksi yang mungkin muncul secara dadakan.

4-siaga-bwiSemua personil yang tersebar di tiap satuan maupun polsek mengikuti apel gabungan yang dipimpin Wakapolres Kompol Muhammad Yusuf Usman. Para peserta apel diminta siaga di mapolres demi kepentingan pengamanan yang bersifat insidentil.

“Kalau ada apa-apa terkait aksi 4 November, pasukan inilah yang akan ditugaskan,” pintanya saat memberikan wejangan apel siaga.

Mengapa Polres Banyuwangi tetap menyiapkan pasukan untuk mengantisipasi gerakan 4 November 2016 meski di wilayahnya tidak ada ormas yang melapor hendak melakukan aksi? Menurut Waka Polres BAnyuwangi, langkah ini diambil sebagai bentuk antisipasi. Disamping itu apel siaga juga sebagai bentuk soliditas polri yang 16 ribu anggota gabungan dari berbagai polda melakukan pengamanan di Jakarta.

“Teman-teman kita di Ibu Kota sedang siaga karena kedatangan tamu para demonstran yang menuntut dugaan penistaan agama. Tidak hanya polisi laki-laki, polwan berjilbab juga siaga menghadapi pendemo dengan lantunan asmaul husna. Kita yang di sini tetap harus waspada. Ploting tugas nanti akan diatur Kabagops Kompol Sujarwo,” pesannya lagi.

Apel pasukan yang dipimpin perwira menengah berdarah Makassar tersebut tak berlangsung lama. Usai memberikan arahan, seluruh pasukan kemudian dilatih tehnik pengendalian massa (Dalmas) awal yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Banyuwangi, AKP Basori Alwi.

Satu pleton pasukan polwan juga turut mengikuti pelatihan dalmas. Walaupun matahari bersinar terik, latihan desak maju, desak mundur, sampai baris berbaris tetap dilakukan. Latihan dalmas awal yang melibatkan personil gabungan di luar Satuan Sabhara tersebut diperagakan Pasukan Dalmas Polres Banyuwangi.

“Tolong pasukan yang ada di barisan sabhara maju ke depan. Kami peragakan latihan desak maju. Ayo, ayo,” perintah AKP Basori Alwi.

Brimob Polda Jatim juga turut melakukan pelatihan. Materi yang diajarkan mengenai pemasangan pagar betis. Latihan itu digelar di jalan raya depan Mapolres Banyuwangi. Demi kelancaran latihan Satuan Lantas Polres Banyuwangi menutup jalan raya untuk sementara. (mbah)

 

from Tribratanews Polda Jawa Timur http://ift.tt/2e7jSRQ
via IFTTT

The post Antisipasi Demo, Polres Banyuwangi Juga Siaga appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2fi8KRL
via IFTTT

0 comments: