Ingin Tahu Cerita Gubernur Suryo Tewas Di Tangan PKI? Simak Kutipan Buku 500 KM Di Bawah Ini

Hari ini warga Jawa Timur (Jatim) menggelar pesta demokrasi. Mereka akan menentukan siapa yang akan menjabat sebagai orang nomor satu Jatim.

Pesta demokrasi ini mengingatkan akan sosok RMTA Soerjo. Dia adalah Gubernur Jatim pertama usai republik ini meraih kemerdekaan.

Usai dilantik secara resmi, Gubernur Soerjo langsung berhadapan dengan situasi yang genting setelah terbunuhnya Jenderal Mallaby pada 31 Oktober 1945.

Hal itu menyulut kemarahan tentara Inggris yang kemudian mengeluarkan ultimatum agar rakyat  Surabaya menyerahkan senjata sampai batas waktu 10 November 1945. Jika tuntutan itu tidak dipenuhi, tentara Inggris mengancam akan membumihanguskan Surabaya.

Menghadapi situasi seperti itu, Gubernur Soerjo berusaha untuk tetap berkepala dingin. Dia kemudian mengadakan rapat dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pada 9 November 1945, malam hari sekitar pukul 23.00 WIB, Gubernur Soerjo berpidato menggunakan siaran radio untuk menggugah semangat arek-arek Surabaya.

Ingin tahu lebih lanjut ceritanya dari Eyang Moekari seorang Polisi Istimewa yang menjadi saksi hidup peristiwa tersebut? Simak hanya di buku 500 KM.

Jika Anda Berkenan Membeli Buku 500 KM, bisa Hubungi ADMIN HALO DUNIA GROUP :  Rosa Trini (08123269279) 

*NB : Mendapat Tanda Tangan Langsung Dari EYANG MOEKARI

The post Ingin Tahu Cerita Gubernur Suryo Tewas Di Tangan PKI? Simak Kutipan Buku 500 KM Di Bawah Ini appeared first on Halo Dunia.



from Halo Dunia http://ift.tt/2dUjYXX
via IFTTT

0 comments: